Mengenal Indonesia Lewat Kerajinannya yang Sudah Mendunia

Indonesia termasuk salah satu negara yang menghasilkan beragam kerajinan unik. Berbagai kerajinan ini bahkan sudah terkenal di mata dunia. Sebagai warga Indonesia sudahkah kita mengenal seluruh kerajinan yang berasal dari negeri ini? berikut beberapa kerajinan asal Indonesia yang sudah mendunia, simak lebih lanjut dibawah ini :

Kerajinan Batik


Source : kabarito. com

Batik adalah salah satu kerajinan asal negeri ini yang sudah di akui UNESCO. Saat ini setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional sebagai wujud dari kecintaan bangsa Indonesia akan kebaradaan kerajinan yang satu ini.

Batik Indonesia sudah terkenal ke seluruh dunia, tidak sedikit orang yang berpengaruh di dunia tampil menggunakan Batik.Batik asli yang ditulis dengan tangan dapat dibanderol dengan harga jutaan rupiah, bahkan dapat lebih fantastis dari pada itu. Keberadaan batik juga membawa keberkahan bagi mereka pengrajin Batik, karena minat masyarakat baik lokal maupun mancanegara terhadap batik terus saja meningkat. Hal ini tentu menjadi peluang yang baik untuk membangkitkan perekonomian dalam negeri.

Batik Indonesia dapat kamu temukan di beberapa daerah seperti Jogja, Pekalongan atau Solo. Setiap daerah ini menghasilkan batik dengan berbagai motif dan corak yang berbeda. Karena hal ini sudah menjadi keunikan dari batik, dimana setiap beda daerah beda pula motif, dan akan beda pula filosofinya.

Tertarik dengan kerajinan batik? Segera cek jadwal penerbangan dan harga tiket pesawat menuju kota batik.

Kerajinan Perak


Source : telusurindonesia. com

Kerajinan perak dapat kamu temukan di Kota Gede, Yogyakarta. Kota Gede salah satu daerah penghasil kerajinan perak terbesar di Indonesia dan berita ini sudah tersebar ke seluruh dunia.

Perak di Kota Gede masih dibuat secara tradisonal, yaitu dengan tangan. Banyak sekali kerajinan perak yang dihasilkan dalam beragam bentuk, mulai dari perhiasan hingga miniatur yang digunakan sebagai pajangan. Bagi kamu yang ingin melihat keberagaman kerajinan perak, dapat datang ke Yogyakarta tepatnya di Kota Gede. Untuk menginapnya, tidak perlu khawatir kamu bisa temukan hotel termurah di Jogja lewat Reservasi.

Kerajinan Ukiran Kayu


Source : ulinulin. com

Kerajinan lain miliki Indonesia yang terkenal di Dunia ialah ukiran kayu. Ukiran kayu asal Indonesia diakui memiliki motif yang begitu indah, serta kualitas kayunya sangatlah baik. Ukiran Kayu asal Indonesia sangat disukai oleh mereka para pelancong asal luar negeri, karena keindahannya.

Bali merupakan salah satu daerah penghasil ukiran kayu di Indonesia, sehingga tak heran jika berkunjung ke Bali kamu akan menemui ragam kerajinan ukiran kayu yang dijual sebagai perhiasan atau lainnya.

Selain Bali, Suku Asmat Papua juga begitu mahir dalah hal ukiran kayu, mereka mampu menghasilkan ukiran kayu dengan keindahan terbaik. Harga yang dipatok untuk kerajinan ukiran kayu ini umumnya mahal, karena proses pembuatannya yang memakan waktu lama, dan sulit.

Kerajinan Kulit


Source : ekonomi.akurat. co

Jombang adalah salah satu daerah pembuat kerajinan kulit, disini berbagai macam bentuk kerajinan kulit dibuat masih menggunakan tangan tidak dengan bantuan mesin.

Kerajinan kulit yang dibuat seperti tas, ikat pinggang, sepatu, dan banyak lainnya. Dan kerajinan kulit asal Jombang ini sudah merambah hingga ke pasar Eropa dan berbagai belahan dunia lainnya.

Kerajinan Kain Tenun


Source : mba-sensational. com

Kain khas Indonesia yang sudah ada sejak lama merupakan warisan yang harus dijaga dengan baik, untuk menghasilkan selembar kain tenun memakan proses yang cukup panjang sehingga wajar jika harga untuk kerajinan yang satu ini mahal.

Terdapat beberapa daerah produksi tenun terbesar di Indonesia, seperti Lombok, Toraja, Minang dan tidak ketinggalan Bali. Jadi ingin berkunjung ke salah satu daerah kerajinan tenun? Segera cek jadwal penerbangan dan harga tiket pesawat ya guys. Kerajinan yang satu ini juga pernah diabdikan dalam selembar uang rupiah, sebagai bukti bahwa kerajinan kain tenun adalah milik Indonesia.

Kerajinan Batu


Source : jogja.tribunnews. com

Magelang adalah pusat segala bentuk kerajinan Batu. Disini kamu dapat menemukan ragam kerajinan batu dalam bentuk patung, candi, miniatur borobudur dan bentuk khas Indonesia lainnya. Kerajinan batu ini juga banyak dijual di sekitar Objek Wisata Borobudur, Magelang. Maka jangan lupa membawa oleh-oleh kerajinan batu jika berkunjung ke Magelang.

Kerajinan Gerabah


Source : eksotisjogja. com

Kerajinan Gerabah atau aneka perkakas yang dibentuk dari tanah liat ini begitu menarik perhatian, banyak sekali yang penggemar untuk kerajinan yang satu ini.

Yogyakarta merupakan pusat terbesar kerajinan gerabah, memang kota ini sangat kaya berbagai kerajinan. Sehingga liburan di Jogja semakin menyenangkan, ditambah biaya hidup yang murah. Untuk menginapnya kamu dapat mencari hotel termurah di jogja lewat Reservasi.com.

Kerajinan Rotan



Source : kerajinanfurniturerotan. com

Kali ini pindah ke Lombok, daerah dengan wisata alam menarik juga memiliki kerajinan yanga khas dan sangat diminati pasar international, Kerajinan Rotan. Kerajinan dengan berbahan dasar rotan ini dibuat menjadi berbagai macam produk, mulai dari furnitur, aksesoris, alat-alat rumah tangga hingga kini terdapat tas wanita yang berasal dari Rotan. Cukup unik bukan? Segera cek jadwal penerbangan dan harga tiket pesawat menuju Lombok untuk menikmati keindahan alam serta melihat hasil kerajinan rotan asal Lombok.

Kerajinan Anyaman Bambu



Source : indonesiakaya. com

Kerajinan unik ini juga sangat diminati oleh pasar luar negeri, karena tampilannya yang unik dan indah. Garut dan Tasikmalaya salah satu daerah dengan produksi kerajinan anyaman bambu terbesar di indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Polling Pilgub DKI & Survei Pilkada Cagub Jakarta 2017 dari Berbagai Sumber

Kenapa Pria Bule Suka Sama Wanita Indonesia? Ini Dia Alasannya!

Tes Mata Sederhana. Coba Temukan Objek Tersembunyi Dalam Lingkaran Ini