Fantastis, Pendapatan CEO Google Sundar Pichai Capai 2,59 Triliun Rupiah di Tahun 2016

CEO Google Sundar Pichai dikabarkan terima kompensasi dari Google senilai hampir 2,59 triliun rupiah tahun 2016 lalu, atau sebesar US$199,7 juta. Jika dibandingkan dengan pendapatannya pada tahun 2015, maka jumlahnya menjadi dua kali lipat lebih besar. Hal ini mengacu dari sebuah pemberitaan dari perusahaan induk Alphabet Inc yang merupakan perusahaan yang memayungi perusahaan raksasa, Google.

Sebelum menjabat sebagai CEO Google pada 10 August 2015 silam, kontribusi Pichai selama di Google dimulai pada tahun 2004 dimana ia mulai bergabung bersama perusahaan mesin pencari raksasa tersebut.

Di awal karir, Pichai memangku jabatan sebagai pemimpin produk dan inovasi perangkat lunak untuk beberapa produk Google yang kini hampir digunakan di semua industri. Beberapa diantaranya seperti Google Map, Google Chrome dan Chrome OS. Selain sukses meningkatkan pengguna layanan tersebut, ia juga memiliki tanggung jawab untuk pemutakhiran aplikasi penting Google lainnya, yaitu Gmail.

Dilansir dari CNN, gaji pokok Sundar Pichai sebenarnya hanya US$650 ribu. Namun, disamping gaji pokok, ia juga menerima kompensasi dari saham seharga US$198,7 juta. Komisi yang diterima oleh Pichai dianggap cukup sesuai mengingat banyaknya produk-produk yang sukses selama ia menjabat.
Sundar Pichai, CEO Google
Sundar Pichai, CEO Google
Posisi CEO yang sebelumnya dipegang oleh Larry Page kemudia beralih ke Sundar Pichai. Sementara orang yang menjadi pendiri sekaligus pemilik saham terbesar Google itu memfokuskan diri untuk pengembangan bisnis baru yang juga di bawah Alphabet Inc. Perusahaan konglomerasi yang sama yang juga menaungi Google.

Selama Pichai menjabat, Google mengklaim jika beberapa sektor produknya telah meningkat drastis, diantaranya seperti penjualan iklan-iklan yang merupakan inti dari bisnis Google, serta peningkatan pendapatan iklan dari YouTube. Selain itu, Google juga mendapat pemasukan lain dari layanan perangkat keras dan komputasi awan yang meningkat pada kuartal terakhir, yaitu dengan nilai sebesar US$3,1 miliar atau mengalamai kenaikan sebesar 50% dibanding kuartal yang sama di tahun sebelumnya.

Dengan penjualan berbagai produk di bawah Alphabet Inc, harga saham perusahaan konglomerasi bentukan Google ini pun naik tajam hingga mencapai nilai kapitalisasi pasar sebesar US$600 miliar di minggu ini. Hal ini menjadi pencapaian terbesar Alphabet untuk pertama kalinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Polling Pilgub DKI & Survei Pilkada Cagub Jakarta 2017 dari Berbagai Sumber

Kenapa Pria Bule Suka Sama Wanita Indonesia? Ini Dia Alasannya!

Tes Mata Sederhana. Coba Temukan Objek Tersembunyi Dalam Lingkaran Ini