Berjibaku.com - Di penghujung tahun 2017 produsen otomotif asal Jepang, Daihatsu, kembali menghadirkan penyegaran terhadap produk mobil niaganya. Sukses dengan Grand Max yang memiliki bak lebar, kini Daihatsu kembali hadir dengan
Daihatsu Hi Max Pick Up terbaru dengan body yang lebih ramping serta irit bahan bakar. Sebagaimana jargonnya, Daihatsu Hi Max "Jagoan Jalan Sempit".
Konsep produk mobil pick up Daihatsu terbaru ini memang sedari awal menargetkan para wirausahawan yang memiliki usaha kecil menengah dan memerlukan transportasi ringan dengan biaya operasional yang rendah. Untuk saat ini, segmen transportasi niaga UKM sebagian besar masih dikuasai oleh motor roda tiga. Dengan Hi Max, Daihatsu ingin menjadi salah satu alternatif pilihan transportasi dengan kapasitas angkut yang lebih besar, jarak tempuh yang lebih jauh, lebih aman, nyaman dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai harga Rp 95 juta - Rp 103 jutaan.
Hal ini tentu menjadi langkah yang cerdas mengingat Daihatsu adalah satu-satunya produsen pick up yang bermain dalam segmen tersebut. Selain harganya yang murah meriah, apa saja yang ditawarkan oleh angkutan niaga Daihatsu Hi Max ini?.
Kapasitas Mesin
Meskipun kapasitas mesin yang diusung oleh Hi Max hanya berukuran 1.000cc, namun Daihatsu mensinyalir jika mobil mini pick up ini memiliki tenaga yang cukup besar. Hal tersebut dikarenakan pengoptimalan Hi Max di tenaga bawah saat gigi rendah yang membuat mobil bak terbuka ini memiliki hentakan yang cukup lumayan. Sementara untuk putaran mesin tinggi, Daihatsu Hi Max memang terbilang agak kurang.
Hal ini tentu bukan persoalan, mengingat kapasitas mesin, fungsi serta karakteristik mobil ini yang di desain sebagai angkutan barang. Hi-Max memiliki tenaga yang bisa mencapai 56 Tk pada putaran mesin 5.000 rpm, sementara torsinya mencapai angka 8,7 pada putaran 4.000 rpm. Dengan tenaga dikisaran itu, Hi Max terbilang cukup setara untuk bisa bersaing di kelas pick up pada umumnya.
|
Warna Daihatsu Hi Max - Ultra Black & Icy White |
Menyasar segmentasi menengah kebawah, konsumsi bahan bakar tentu menjadi salah satu perhatian utama Daihatsu. Soal urusan bensin, mobil mini pick up ini terbilang sangat efisien karena sebenarnya mesin Hi Max sama seperti Ayla yaitu dengan kode 1KR-DE DOHC. Jika dibandingkan dengan Gran Max yang memiliki kapasitas mesin 1300cc - 1500cc, maka jelas Hi Max jauh lebih irit.
|
Mesin 1000 cc Daihatsu Hi Max |
Ukuran
Dimensi body Daihatsu Hi Max memiliki Lebar 1.475 mm, Panjang 3.395 mm sdan tinggi 1.770 mm dengan ground clearance 160 mm yang cukup cocok untuk kondisi jalan di Indonesia yang sering banjir. Jika Anda masih ingat dengan mobil Daihatsu generasi lawas seperti Suzuki Futura atau Mitsubishi T120SS, maka ukuran Hi Max terbilang cukup mirip. Sementara ukuran bak Hi-Max memiliki ukuran Panjang 1.935 mm, Lebar 1.395 mm dan tinggi 285 mm. Dengan ukuran itu, Hi Max terbilang cukup lumayan jika digunakan untuk mengangkut berbagai jenis barang bawaan.
Kabin
Di sektor kabin, Hi Max telah dilengkapi fitur kenyamanan standar yang terbilang cukup lumayan untuk sebuah pick up, yaitu setir yang sudah power steering, speedometer dengan indikator bensin digital, AC untuk varian standart (AC & PS) serta system audio 1DIN (MP3) agar pengendara cukup merasa nyaman dan tak merasa jenuh saat berada di dalam kabin.
Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic |
Power Steering Daihatsu Hi Max |
|
Air Conditioner / AC Daihatsu Hi Max |
Bagi Anda yang memiliki usaha dan membutuhkan alat transportasi yang irit, nyaman dan bisa diandalkan untuk jarak jauh, maka Hi Max bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.
| |
---|
DIMENSI | |
Panjang | 3.395 mm |
Lebar | 1.475 mm |
Tinggi | 1.77 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.900 mm |
Jarak Pijak Roda Depan | 1.315 mm |
Jarak Pijak Roda Belakang | 1.300 mm |
Tinggi Dari Tanah | 160 mm |
Radius Putar Minimu | 4,0 m |
Berat Total Kendaraan | 1.730 Kg |
Kapasitas Tempat Duduk | 2 |
Bak (Bagian Dalam) | |
Panjang | 1.935 mm |
Lebar | 1.395 mm |
Tinggi | 285 mm |
MESIN | |
Tipe | 1KR-DE, DOHC |
Kapasitas Silinder | 998 cc |
Jumlah Silinder | 3 silinder segaris |
Jumlah Katup | 12 |
Diameter x Langkah | 71.0 mm x 84.0 mm |
Tenaga Maksimum Ps/rpm | 57/5.000 |
Torsi Maksimum Kg.m/rpm | 8,7/4.000 |
Sistem Bahan Bakar | Fuel Injection |
Jenis Bahan Bakar | Bensin tanpa timbal |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 38 Liter |
TRANSMISI | |
Tipe | Manual, 5 - Kecepatan |
Gigi | Gigi 1: 4,059 |
| Gigi 2: 2,390 |
| Gigi 3: 1,457 |
| Gigi 4: 1,000 |
| Gigi 5: 0,838 |
| Gigi Mundur: 4,128 |
Rasio Gigi Akhir | 5.571 |
SISTEM KEMUDI | |
Tipe | Rack & Pinion |
REM | |
Depan | Disc (cakram berventilasi) dengan booster |
Belakang | Drum, leading & trailing |
Rem parkir | Mekanis pada roda belakang |
SUSPENSI | |
Depan | MacPherson Strut, dengan per keong |
Belakang | Rigid-axle dengan per daun |
BAN | |
Ukuran | 14R13-8PR |
FITUR TAMBAHAN | |
Air Conditioner | Ada |
Electric Power Steering | Ada |
Sliding Seat | Driver |
PILIHAN WARNA | |
Warna | Ultra Black & Icy White |
HARGA | |
| Rp 95 juta - Rp 103 juta |
Komentar
Posting Komentar